Share this:

Padjadjaran Statistics Olympiad (RASIO) merupakan salah satu rangkaian acara  Statistics Days yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017. RASIO adalah sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan pada tingkat ASEAN untuk kompetisi infografis dan tingkat nasional untuk olimpiade statistika. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menjaring mahasiswa dan mahasiswi Diploma/Sarjana dalam bidang Statistika yang akan berkontribusi di masyarakat dalam menjembatani antara teoritis dan aplikasi di masa yang akan datang dan diharapkan ketika menghadapi masalah-masalah yang rumit dapat melihat bahwa di balik permasalahan selalu ada titik terang, serta dapat menyelesaikannya dengan pengaplikasian ilmu Statistika dengan analisis yang akurat sehingga menghasilkan keputusan yang tepat.

 “Padjadjaran Statistic Olympiad (RASIO) 6.0” terdiri dari dua cabang lomba, diantaranya :

  1. Olimpiade Statistika meliputi penyelesaian kasus real problem, konsep peluang, dan soal-soal Statistika pada umumnya. Olimpiade ini memiliki 2 babak perlombaan
  • Babak penyisihan yang akan mengeliminasi peserta menjadi 50 tim finalis yang akan lanjut masuk ke babak final.
  • Babak final, finalis yang lolos ke babak final akan diberikan studi kasus dan finalis akan menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Kemudian, penyelesaiannya akan dipresentasikan kepada juri.
  1. Lomba infografis merupakan kompetisi penyajian data yang disajikan dalam bentuk teks, serta dipadukan dengan beberapa elemen visual seperti gambar, ilustrasi, grafik, dan tipografi. Lomba infografis memiliki 2 tahap  perlombaan, yaitu tahap penyisihan dan tahap grand final. Tahap penyisihan akan menyaring peserta menjadi 5 tim terbaik untuk masuk ke babak grand final (Presentasi karya).
Share this:

Padjadjaran Statistics Olympiade (Rasio)

Padjadjaran Statistics Olympiade (Rasio) yang merupakan rangkaian pertama dari Statday pada tahun 2017 adalah sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan pada tingkat nasional. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menjaring mahasiswa dan mahasiswi Diploma/ S1 dalam bidang Statistika yang akan berkontribusi di masyarakat dalam menjembatani antara teoritis dan aplikasi di masa yang akan datang dan diharapkan ketika menghadapi masalah-masalah yang rumit dapat melihat bahwa di balik permasalahan selalu ada titik terang, serta dapat menyelesaikannya dengan pengaplikasian ilmu Statistika dengan analisis yang akurat sehingga menghasilkan keputusan yang tepat.

Kegiatan ini berupa olimpiade Statistika yang meliputi penyelesaian kasus real problem, konsep peluang, dan soal-soal Statistika pada umumnya. Rasio memiliki 3 tahap perlombaan, yaitu : Tahap 1 online yang akan mengeliminasi peserta menjadi 30 team semi finalis yang akan lanjut masuk ke tahap 2 dan Tahap 3. Berbeda dengan ajang kompetisi lainnya, Rasio tidak menggunakan sistem gugur, akan tetapi setiap peserta yang masuk ke semifinal akan dapat berkompetisi hingga tahap akhir bersama-sama. Dipenghujung acara ada beberapa kategori yang akan menjadi pemenang yaitu : Best speaker categoryBest TheoryBest Overall serta tim peraih medali perunggu, perak, emas, dan Juara Umum yang tentunya akan dinilai oleh juri yang berkompeten.

Tema yang diangkat tiap tahunnya selalu berbeda:

  • Rasio pada tahun pertama (2017), mengangkat tema: “Discover a Brighter Side of Problem With Statistics”.
  • Rasio 2018 dengan Tema: “Discover a Brighter Side of Problem With Statistics
  • Rasio 2019 dengan Tema: “Discover a Brighter Side of Problem With Statistics.
  • Rasio 2020 dengan Tema: “Discover a Brighter Side of Problem With Statistics”.